Semesta Mini manusia

, , No Comments

Selama ini manusia mengikuti pemikiran ilmiah ala Newton yang sebenarnya cenderung mulai ditinggalkan oleh dunia ilmiah. Ilmu fisika yang merupakan derivasi dari teori Newton telah berganti dengan Teori Relativitas Einstein walaupun dalam level tertentu Ilmu Newton masih berguna untuk mengukur benda yang masih berada dalam ruang lingkupnya. Namun dalam tataran yang lebih tinggi, dalam ukuran atomik dan kosmik, teori-teori Newton sudah tidak bisa dipakai lagi.






Sebenarnya, selain Teori Newton dan Teori Einstein, masih ada teori lainnya lagi yang karena teknik pengukurannya yang unik maka sulit dibuktikan secara empiris, dan oleh sebab itu juga sering disebut sebagai pseudosains dan fake science. Bila teori Newton mengarah pada determinisme dan bisa menjelaskan tentang pergerakan benda-benda, kemudian teori einstein bisa menjelaskan secara matematis berbagai fenomena tak kasat mata dunia atomik kuantum maka teori baru, yang untuk lebih mudahnya kita sebut Teori Paling Akhir ini adalah teori yang bisa menjelaskan apa saja diluar teori Newton dan Einstein.  




 

Psikologi Manusia Mesin

Definisi Psikologi dibuku ini mengikuti definisi dari Ouspensky yaitu “Ilmu untuk memahami diri sendiri.” Psikologi membagi pikiran, emosi, gerakan, dan insting kita menjadi empat kelompok yang didefinisikan secara ketat, yang masing-masing dikendalikan oleh pikiran atau "pusat" yang terpisah.

1. Pusat Pikiran

2. Pusat Emosi

3. Pusat Gerakan

4. Pusat Insting

Dalam Bab ini, kita akan menjelaskan empat “Pusat” ini, tempatnya dalam kesadaran manusia, ciri-khasnya, dan kecepatan reaksi mereka. Kita akan menggunakan pengetahuan psikologi baru tentang diri kita untuk mengamati banyak "Aku" dalam diri kita dengan lebih cerdas, memisahkan mereka dari "Aku" yang sebenarnya. Semua aktivitas mesin manusia dibagi menjadi empat kelompok yang terdefinisi dengan jelas, masing-masing dikontrol oleh pikiran atau “pusatnya sendiri.” 


Pusat Gravitasi

Manusia memiliki empat pikiran atau pusat yang mengendalikan semua fungsi dalam kesadaran. Setiap pusat bersifat independen dari yang lain, setiap pusat memandang segala sesuatu dengan caranya sendiri, memiliki kekuatan sendiri, dan cara pengembangannya sendiri. Setiap pusat memiliki "pusat gravitasi" dalam tubuh fisik. Pusat gravitasi dari pusat intelektual ada di kepala; pusat gravitasi dari pusat emosi ada di ulu hati; pusat gravitasi dari pusat bergerak dan naluriah berada di dasar tulang belakang dan perut bagian bawah. Pada kenyataannya, setiap pusat menembus seluruh tubuh. Tetapi demi presentasi, akan berguna untuk menggambarkan otak ini sesuai dengan lokasi fisik mereka. Setiap pusat dirancang untuk menerima jenis impresinya sendiri dan meresponsnya dengan cara tertentu. Tanggapan-tanggapan ini adalah apa yang kita sebut sebagai banyak "Aku". Dengan cara ini, pengetahuan tentang empat pusat yang lebih rendah membantu kita mempelajari diri kita sendiri dengan mengelompokkan "Aku" yang kita amati berdasarkan pusat asal mereka dan respons mereka terhadap rangsangan. Dalam mengamati dirinya sendiri, manusia harus membedakan antara empat fungsi dasar mesinnya: pemikiran, emosi, gerak, dan insting/ naluriah.

Pusat intelektual bertanggung jawab atas proses mental: konsep, penalaran, perbandingan, perumusan, imajinasi, dan Pada tingkat dasar, kepuasan membaca tentang sesuatu yang sepele online adalah intelektual. Pada tingkat yang lebih dalam, upaya penelitian studi, perbandingan, analisis, dan perumusan, juga merupakan fungsi intelektual.

Pusat emosi bertanggung jawab atas emosi : kegembiraan, kesedihan, ketakutan, keheranan, dan sebagainya. Pada tingkat dasar, rasa ingin tahu yang mendorong kita untuk menelusuri halaman media sosial kita adalah emosional. Pada tingkat yang lebih dalam, kemampuan untuk memahami dan merasakan orang lain, atau kemampuan untuk belajar dari atau membuat ekspresi artistik, adalah emosional.

Pusat Insting/ naluriah dan Pusat Gerak keduanya berhubungan dengan tubuh fisik. Mereka berbeda. Fungsi naluriah melekat saat lahir dan tidak harus dipelajari, karena seorang anak tidak harus belajar bernapas, sedangkan tidak ada fungsi yang bergerak yang melekat saat lahir dan harus dipelajari, seorang anak harus belajar berjalan.

Pusat naluriah bertanggung jawab untuk sistem dan organ tubuh: pencernaan, pernapasan, sirkulasi, indera, dll. Sebagai otak yang bertanggung jawab atas kesejahteraan organisme, fungsinya juga meluas untuk memastikan keamanan finansial, kelangsungan biologis, dll. tingkat dasar, kesenangan mandi air panas atau makan enak adalah naluriah. Pada tingkat yang lebih dalam, pengetahuan bawaan tentang penyembuhan tubuh manusia, atau kemampuan untuk memadukan rasa untuk menciptakan masakan yang lezat, adalah naluriah.

Pusat Gerak bertanggung jawab untuk semua fungsi yang terhubung dengan gerakan yang tidak melekat pada saat lahir: berjalan, menulis, berbicara, dll. Pada tingkat dasar, kegembiraan aspek fisik olahraga berasal dari pusat bergerak. Pada tingkat yang lebih mendalam, kemampuan untuk memvisualisasikan bentuk dan hubungan spasial, seperti yang diperlukan dalam teknik dan arsitektur, adalah kualitas dari pusat gerak. 


Pic By Grakozy Unsplash

0 Comments:

Posting Komentar