Osilasi jiwa manusia

, , No Comments

Bagi Anda yang belum pernah mengenal istilah osilasi. Menurut Wikipedia, osilasi adalah ;


“Variasi periodik terhadap waktu dari suatu hasil pengukuran, contohnya pada ayunan bandul. Istilah vibrasi atau getaran sering digunakan sebagai sinonim osilasi, walaupun sebenarnya vibrasi merujuk pada jenis spesifik osilasi, yaitu osilasi mekanis. Osilasi tidak hanya terjadi pada suatu sistem fisik, tetapi bisa juga pada sistem biologi dan bahkan dalam masyarakat. Osilasi terbagi menjadi 2 yaitu osilasi harmonis sederhana dan osilasi harmonis kompleks. Dalam osilasi harmonis sederhana terdapat gerak harmonis sederhana.”


Mungkin definisi ini terlalu teknis dan sulit dipahami.


“Osilasi adalah Setiap gerak yang berulang dalam selang waktu yang sama disebut gerak periodik atau gerak harmonik. Jika suatu partikel dalam gerak periodik bergerak bolak-balik melalui lintasan yang sama geraknya disebut gerak osilasi.”

 

Pengertian dasar osilasi adalah ritme naik turun, vibrasi, getaran, siklus atau irama. Kata osilasi dipakai karena artinya paling mendekati penjelasan real. Hidup pada manusia sangat tergantung adanya osilasi. Osilasi ini terdiri dari beberapa jenis, namun bisa dibagi secara garis besar hanya ada dua jenis yaitu osilasi otomatis dan osilasi manual. Sebagian besar manusia disepanjang hidup mereka mengalami osilasi otomatis tanpa pernah menyadarinya.





Contoh osilasi otomatis adalah :

  1. Denyut jantung manusia
  2. Ritme nafas manusia
  3. Ritme sirkadia (bangun dan tidur) manusia

 




 Contoh ritme osilasi jantung manusia


 

 




Osilasi Genetik Sirkadia - Ritme tidur manusia normal.

 

Osilasi otomatis seperti denyut jantung dikendalikan oleh fungsi insting. Ritme Denyut jantung bukanlah sesuatu yang harus dipelajari dan dilatih melainkan secara alami sudah berjalan otomatis sejak manusia ada dalam kandungan. Demikian pula dengan ritme nafas maupun ritme bangun dan tidur manusia. Ritme tersebut sudah ada dan berjalan tanpa kita sadari. Semua ritme dan osilasi ini dikendalikan oleh fungsi insting dalam diri manusia yang terdiri dari beberapa susunan sistim saraf, bagian tertentu dari otak dll.



Tentunya anda bertanya-tanya, Apa manfaatnya membahas osilasi ? Nanti anda akan menyadari bahwa hidup anda ternyata dikendalikan oleh osilasi ini dan anda bisa membalikkan nasib anda dengan melatih ritme osilasi milik anda, maka bukankah ini adalah hal yang pantas dipelajari ?




 

Osilasi Nafas - paru-paru menghirup udara



Osilasi lainnya tidak berkaitan dengan fungsi insting. Osilasi ini berkaitan dengan hampir semua fungsi yang ada pada diri manusia. Beberapa diantaranya adalah :

Ritme lapar makan kenyang (begitu juga dengan rasa haus).

Kita akan mengamati Osilasi sederhana dari kegiatan paling manusiawi ; lapar- Makan - Kenyang.



 




Osilasi kebutuhan makan seumur hidup manusia

  1. a) Kondisi seimbang.
  2. b) Kondisi mulai merasa lapar Hormon ghrlin mulai dilepaskanke dalam aliran darah.
  3. c) Puncak rasa lapar. Pada orang normal biasanya terjadi 4 jam setelah makan terakhir.
  4. d) Proses makan. Hormon leptin (penanda rasa kenyang mulai dilepaskan ke darah).
  5. e) Rasa kenyang setelah makan. Kepuasan sementara tercapai.
  6. f) Mulai merasa lapar kembali.
  7. g) Siklus lapar - makan - kenyang terus berlanjut sampai mati.


Siklus ini nampaknya sangat sederhana. Namun dibalik itu ada proses lain yang sebenarnya terjadi dibalik berbagai kerja hormon dan sebagainya. Bisa dilihat di grafik berikut ;



 


 

 


Grafik osilasi lapar kedua menunjukkan sebuah potensi dari sebuah rasa lapar. Tubuh yang dipicu oleh rasa lapar tapi tidak memperoleh makanan sebagai peredam akan mengalami rasa penderitaan yang akan memaksa pelaku untuk bergerak mencari makan.

0 Comments:

Posting Komentar