Database hidup manusia

, , No Comments

Pada awal bab ini telah dijelaskan tentang bagaimana sifat dan karakter seseorang telah diturunkan lewat sistim genetiknya (DNA). Bila dimasa lalu manusia hanya bisa pasrah menerima susunan genetikanya maka dimasa kini bila ia punya cukup dana bisa mengubah nasibnya lewat modifikasi genetik yang disediakan berbagai layanan online. Namun semua itu tidak akan membawa manusia ke hakikat tujuannya yang sejati. Setelah melewati batas tertentu, manusia akan kehilangan dirinya. Ia akan kehilangan minat untuk menjadi manusia yang lebih baik dengan mengandalkan semata-mata keberadaan dirinya, kemampuannya yang alami, yang telah dibekali potensi untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.   



Kita tidak perlu antiteknologi, namun harus bisa membatasi diri sehingga tidak dikendalikan oleh teknologi. Arus Informasi adalah sesuatu yang sangat menarik bagi manusia, karena itulah perlu kesadaran yang bijak dalam menyikapinya. Kemudahan mengakses informasi dan komunikasi telah merobah kebiasaan manusia, dan pada akhirnya kebiasaan ini akan tertuliskan dalam database genetik mereka untuk selanjutnya diwariskan pada keturunan entah sampai yang keberapa.  

Kita bisa melihat dimana-mana muncul masalah yang timbul di dunia maya karena kurangnya kebijakan dalam menyikapi informasi yang ada. Kita bisa melihat fenomena kecanduan informasi ini telah mengubah pola hidup kita sehari-hari. Dari sejak bangun tidur hingga beranjak tidur tangan kita tak mau terlepas dari gadget. Padahal informasi yang yang kita akses tersebut bukanlah informasi yang bisa meningkatkan kesadaran. Alih-alih meningkatkan kesadaran, yang kita akses justru informasi sampah. Berita tentang kehidupan orang lain yang tak kita kenal. Berita politik yang telah dipermak untuk mengaduk-aduk emosi pembacanya. Penjualan barang - barang non-primer yang hanya untuk kepentingan penampilan dan impian.

Semua bentuk latihan dalam buku ini adalah antidot untuk menghadapi berbagai terjangan wabah negatif arus informasi yang melanda pikiran dan jiwa manusia modern. Mereka yang telah berhasil melakukan latihan akan memiliki tameng kesadaran diri. Mereka akan bisa memiliki kekuatan pembatas dan kekuatan kontrol atas pikiran dan kesadaran mereka sendiri. Semua ketertarikan pada hal yang tak diperlukan akan menghilang. Dan semua itu tertuliskan langsung pada data genetik kita, diturunkan ke generasi selanjutnya.

Buku ini memberikan alternatif bagi anda untuk memiliki kesadaran yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan dengan pikiran yang waras dan sadar. Ini bukanlah masalah kalah dan menang, masalah terindex dan deindex, namun bisa memasuki dunia baru dengan memiliki kontrol terhadapnya. Memilki sikap dan kemauan yang kuat untuk menjadi yang terbaik secara manusiawi.

Dalam Bab ini tidak ada latihan. Hanya ada cuplikan-cuplikan tulisan sebagai bahan renungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You are an explorer, and you represent our species, and the greatest good you can do is to bring back a new idea, because our world is endangered by the absence of good ideas. Our world is in crisis because of the absence of consciousness.
Terence McKenna

0 Comments:

Posting Komentar