Makhluk Hidup Atau Robot

, , No Comments

Para ilmuwan berhasul memodifikasi sel katak hidup dan menyusunnya menjadi bentuk kehidupan yang sama sekali baru. Robot 'Xenobots' mungil ini dapat menyembuhkan diri mereka sendiri setelah dipotong. Robot hidup baru ini bukan robot seperti yang telah ada pada umumnya atau spesies hewan yang dikenal. Mereka adalah kelas artefak baru: organisme hidup yang dapat diprogram.

 

 


Programming Xenobot
 

Makhluk-makhluk baru ini dirancang dengan menggunakan superkomputer. "Kita dapat membayangkan banyak aplikasi berguna dari robot hidup yang tidak dapat dilakukan oleh mesin lain," kata co-leader Michael Levin yang memimpin Pusat Biologi Regeneratif dan Pengembangan di Tufts, "seperti mencari senyawa jahat atau kontaminasi radioaktif, mengumpulkan mikroplastik di lautan, menyusuri arteri manusia untuk mengikis plak. " Hasil penelitian baru diterbitkan 13 Januari 2020 di Prosiding National Academy of Sciences.

Diperlukan waktu berbulan-bulan untuk pemrosesan pada cluster superkomputer Deep Green menggunakan algoritma evolusioner untuk menciptakan ribuan desain prototype untuk membentuk kehidupan baru. Sel yang yang dipakai berasal dari embrio katak Afrika Xenopus laevis. (Asal nama "xenobots.") Sel-sel dipisahkan menjadi sel tunggal dan dibiarkan berinkubasi. Kemudian sel-sel dipotong dan disatukan berdasarkan desain yang ditentukan oleh komputer. Sel-sel yang disusun mulai bekerja sama dan menjadi bentuk tubuh yang tidak pernah terlihat di alam.

Organisme yang dapat dikonfigurasi ulang ini terbukti mampu bergerak  menjelajahi lingkungan berair mereka selama berhari-hari atau berminggu-minggu, ditenagai oleh cadangan energi embrionik.



Teknologi Hidup

Xenobot ini adalah teknologi yang benar-benar baru. Kita telah mengenal bahan robot dari plastik, akrilik, logam dan bahan lainnya. Itu bisa membuat mereka kuat atau fleksibel namun menciptakan masalah ekologis baru. Polusi plastik di lautan dan banyak makhluk hidup keracunan dari banyaknya pembuangan bahan sintetis dan elektronik.

Xenobot ini sepenuhnya biodegradable, ketika mereka selesai dengan pekerjaan mereka setelah beberapa waktu lamanya mereka akan mati dan terurai sebagai limbah organik. Kelebihan lain dari xenobot adalah kemampuannya untuk menyembuhkan diri.  Xenobots yang diiris hampir setengahnya bisa memperbaiki atau menyembuhkan dirinya sendiri dan beraktivitas normal.

Kode Kehidupan

Berbagai potensi dari teknologi baru tentang bagaimana sel berkomunikasi dan terhubung ke dalam ilmu komputasi memberikan kita pemahaman tentang kehidupan.

"Pertanyaan besar dalam biologi adalah untuk memahami algoritma yang menentukan bentuk dan fungsi, Genom mengkode protein, tetapi aplikasi transformatif menunggu penemuan kami tentang bagaimana perangkat keras yang memungkinkan sel untuk bekerja sama menuju pembuatan anatomi fungsional dalam kondisi yang sangat berbeda." (Levin, Pencipta Xenobot)

"dan proses ini dapat dikonfigurasi ulang, memungkinkan bentuk-bentuk kehidupan baru."

Dengan diterapkannya teknologi ini ke dunia nyata maka sebentar lagi kita akan bisa menemukan berbagai makhluk hidup disekitar kita yang sebenarnya adalah robot dan diprogram untuk mempermudah kehidupan kita. Apakah anda merasa terganggu ? ketika manusia mulai bermain menjadi tuhan. Ketika akhirnya manusia mulai membuka kotak pandora. Satu persatu isi kotak keluar. Atas nama kemajuan dan teknologi, dibutakan oleh hasrat akan keabadian di depan mata, semua hal lain menjadi tak berarti lagi.

0 Comments:

Posting Komentar